5 Pertanyaan Yang Pertama Kali Diajukan Oleh Para Investor Di Tahun 2016

Setelah berjalan selama 5 tahun berturut-turut, pasar saham mulai melambat di akhir tahun 2015. Minggu pertama di tahun 2016 adalah salah satu pertunjukkan pasar saham terburuk setelah sekian lama. Jika anda adalah seorang investor baru yang ingin memulai program investasi anda di tahun ini, anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan. Tanyakanlah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini sebelum anda memulai program investasimu pada tahun 2016.

  1. Apakah ini adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi didalam saham?

Jika anda mencari masa-masa penurunan yang curam di pasar saham, anda mungkin berpikir itu adalah masa-masa yang buruk untuk memulai investasi. Jika anda melihat saham tengah menguat, anda mungkin berpikir itu adalah masa yang tepat.

Sebenarnya, waktu yang tidak tepat atau tepat dapat dilihat saat anda berinvestasi dalam jangka panjang (10 tahun atau lebih). Tidak ada satupun yang bisa memprediksi dengan tepat perihal ke arah mana pasar saham akan bergerak dalam waktu tertentu; tetapi dalam jangka panjang, pasar saham selalu bergerak lebih tinggi. Setiap bear markets (saat harga saham menurun dalam jangka waktu tertentu) diikuti oleh bull markets (saat harga saham naik). Secara historis, bull markets telah bertahan lebih lama daripada bear markets dan keuntungan dari bull markets lebih besar dari pengimbangan tingkat kerugian di bear markets.

  1. Berapa banyak resiko yang harus saya ambil ?

Salah satu prinsip yang paling penting dari investasi adalah hubungan yang erat diantara resiko dan pengembalian. Tanpa resiko, tidak ada pengembalian. Anda harus bersedia untuk mengambil resiko yang besar jika anda sedang mencari keuntungan yang besar juga. Dalam hal itu, resiko dapat menjadi sesuatu yang baik, tetapi hanya jika memungkinkan waktu yang cukup lama untuk mengijinkan siklus pasar yang tak dapat dihindari untuk terjadi. Umumnya, jika anda memiliki waktu horizon investasi yang lebih lama, anda harus bersedia untuk mengasumsikan resiko dalam jumlah yang lebih besar, karena akan ada lebih banyak waktu bagi pasar untuk bekerja melalui siklus naik dan turun. Secara historis, investor pasien telah dihargai dengan hasil dari jangka panjang yang positif.

Investor baru sering disarankan untuk berinvestasi investasi online murah terutama di reksa dana, yang dapat memberikan diversifikasi instan, menawarkan cara terbaik untuk mengurangi volatilitas. Dengan berinvestasi dalam beberapa reksa dana yang berbeda dimana mewakili kelas aset yang berbeda (seperti saham yang bertumbuh besar, saham internasional atau obligasi), anda dapat mengurangi volatilitas lebih jauh tanpa mengorbankan keuntungan jangka panjang.

Jika anda memulai sebuah program investasi dengan berinvestasi didalam sejumlah uang setiap bulan secara bertahap, anda akan mendapatkan keuntungan dari biaya rata-rata perdolar. Jika anda menginvestasikan sejumlah uang yang tetap setiap bulan, anda membeli beberapa harga saham pada harga yang lebih tinggi dan beberapa diantaranya dengan harga lebih rendah dikarenakan fluktuasi pasar. Saat pasar menurun, jumlah dolar tetapmu akan membeli lebih banyak saham. Seiring berjalannya waktu, rata-rata biaya saham anda harus lebih rendah dari harga pasar saat ini. Dengan menggunakan rata-rata biaya dolar, resiko kerugian anda akan dikurangi di sepanjang waktu.

  1. Bagaimana saya memilih dana yang tepat untuk diinvestasikan ?

Dunia reksa dana sangatlah luas dan semakin berkembang, yang membuat pilihan diantara mereka menjadi sangat luar biasa. Gunakan kriteria untuk mempersempit pilihan anda; pertimbangkan hal-hal seperti biaya, kinerja masa lalu, gaya investasi dan profil resiko. Ulasan dana seperti Morningstar menawarkan alat untuk mengidentifikasi dana yang memenuhi kriteria anda dan melakukan perbandingkan sisi demi sisi. Sebagai investor baru, kriteria yang paling penting adalah biaya. Biaya dana yang dapat mencakup biaya penjualan (komisi), biaya manajemen dan biaya 12b-1 dapat sangat mempengaruhi laba yang anda terima nantinya. Ada beberapa kelompok dana yang menawarkan pilihan yang baik dari dana dengan biaya yang sangat rendah.

Vanguard Group dianggap sebagai keluarga dana terbaik untuk menawarkan dana yang murah. Situsnya juga menawarkan alat online untuk membantu anda dalam menentukan profil resiko anda dan kemudian mencocokkan dengan campuran dana yang paling tepat.

  1. Saran dari siapa yang harus saya dengarkan ?

Terkecuali anda memiliki sekitar US$ 200.000 untuk berinvestasi, pilihan anda mendapatkan saran yang agak terbatas. Investor besar cenderung bekerja dengan penasehat investasi independen yang memungut biaya datar atas sarannya. Investor kecil yang ingin nasihat profesional terkadang bekerja dengan makelar dari perusahaan investasi. Makelar umumnya mengenakan komisi untuk setiap transaksi yang mereka lakoni. Namun dikarenakan makelar menghasilkan uang dari penjualan produk atau transaksi, mereka mungkin tidak menjadi penasihat paling objektif.

Sebagai investor baru, anda mungkin akan lebih baik berinvestasi pada diri anda sendiri. Anda dapat menghemat biaya transaksi; bekerja secara langsung dengan perusahaan dana – seperti Vanguard atau Fidelity dimana anda tidak akan dikenakan biaya penjualan. Pelajari apa yang anda dapat dari investasi dengan melakukan pekerjaan rumah anda. Ada banyak alat-alat online dan sumber dana yang tersedia bagi investor untuk dipelajari, merencanakan dan mengelola investasi anda. Alat yang tersedia melalui perusahaan dana untuk memantau dan mengelola investasi anda sebagus yang ditawarkan oleh penasihat keuangan dan makelar. Nilai riil yang ditawarkan oleh penasihat investasi untuk membantu anda menghindari kesalahan dan membuat anda tetap fokus pada investasi jangka panjang. Jika anda mengembangkan kesabaran yang diperlukan dan sikap disiplin, anda jauh berada didepan permainan saat anda memanggil jasa penasihat keuangan.

  1. Manakan tipe terbaik untuk dimulai ?

Lakukan pekerjaan rumah anda. Anda tidak perlu buru-buru untuk memulai program investasi tersebut. Aspek yang paling penting dari investasi adalah untuk mengenal diri sendiri – tujuan anda, preferensi anda dan toleransi anda terhadap resiko. Gunakan profil investasi anda sendiri sebagai titik awal untuk penelitian jenis investasi yang sesuai dengan anda. Mulailah dengan portofolio kecil mulai dari 3 atau 4 dana dari kelas aset yang berbeda dimana dapat menyediakan anda dengan diversifikasi yang cukup luas. Sebagai pemahaman anda tentang kelas aset dan jenis dana yang berbeda, tambahlah portofolio anda sesuai dengan profil investasi dan strategi jangka panjang anda.